Otentikasi Pensiunan TASPEN

Hari ini Rabu, 2 Oktober 2019 BKPSDM Kabupaten Kapuas kembali mendapat kunjungan dari PT. TASPEN Cabang Palangka Raya dalam rangka memberikan layanan kepada pensiunan maupun calon penerima pensiunan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas berupa perekaman data enrollment atau perekaman digitalisasi bio metric data penerima pensiun. Perekaman data dimaksud yakni berupa sidik jari, foto wajah dan rekam suara. Setelah proses enrollment dilakukan penerima pensiun selanjutnya dapat memanfaatkan inovasi dari PT. TASPEN untuk melakukan otentikasi secara mandiri dengan menggunakan smartphone.

Lewat smartphone ini, masyarakat bisa melakukan pembayaran atau klim dimana pun kapanpun tanpa harus mendatangi kantor cabang Taspen atau mitra bayar. Penerima pensiun dapat melakukan autentikasi untuk otentikasi berkala 1 (satu) bulan sekali untuk penerima Tunjangan Veteran dan/atau Dana Kehormatan. Otentikasi berkala 2 (dua) bulan sekali untuk Penerima Pensiun Pejabat Negara. PNS, TNI/Polri, yang tidak mempunyai Tunjangan Keluarga dan otentikasi berkala 6 (enam) bulan sekali untuk Penerima Pensiun Pejabat Negara, PNS, TNI/Polri, yang masih mempunyai Tunjangan Keluarga. Dan bagi yang sakit atau uzur bisa meminta dikunjungi mitra bayar. Otentikasi itu penting dan diperlukan demi kelancaran dan keamanan dalam mengambil dana pensiun.

Penerima pensiun yang sudah melakukan perekaman data biometrik (enrollment) namun mengalami permasalahan atau gagal dalam otentikasi melalui smartphone tetap bisa mengambil uang pensiunnya. Namun penerima pensiunan harus melakukan otentikasi secara manual dengan berkunjung ke mitra bayar masing-masing seperti biasanya.

Kunjungan PT. TASPEN Cabang Palangka Raya ini rencananya akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari hingga besok tanggal 3 Oktober 2019, jadi bagi penerima pensiun TASPEN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas yang belum melakukan perekaman data diharapkan dapat memanfaatkan layanan kunjungan ini.

Berikut link untuk mengunduh aplikasi otentikasi TASPEN:

Bagi pengguna android dapat mengunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hisign.feacapan&hl=in

Pengguna IOS https://apps.apple.com/id/app/taspen-otentikasi/id1473375913?l=id